HUKUM BACAAN (TAJWID)

Bookmark and Share
A. HURUF MAD (Panjang)
Huruf mad terdiri dari 3 huruf, yaitu ﹷاْ, ﹻيْ, ﹹ وْ, dan huruf mad di baca panjang, denganm panjang ketukan yang berbeda-beda. Contoh penggunaannya dalam kata atau gabungan kata antara lain sebagai berikut :



Contoh Kata yang di baca panjang



B. HURUF MUQOTOAH
Huruf Muqotoah adalah kumpulan huruf yang terpotong-potong dalam satu kata dan terletak diawal surat-surat tertentu. Cara membaca huruf tersebut sesuai dengan aslinya. Yang termasuk huruf-huruf mukotoah adalah sebagai berikut:





C. NUN MATI DAN TANWIN
Pada نْ (Nun mati) dan Tanwinً ٍ ٌ terdapat bunyi "n". Huruf Hijaiyah dalam hubungannya dengan nun mati atau tanwin terbagi kepada empat bagian yaitu :
1. Izhaar
Izhar dalam ilmu tajwid artinya menjelaskan bunyi نْ (nun mati) atau tanwin apabila ia mendahului salah satu dari huruf izhar, atau dengan kata lain bahwa huruf-huruf itu tidak boleh mempengaruhi bunyi نْ (nun mati) atau tanwin. Jadi tidak boleh dibunyikan dengan atau samara-samar tetapi hendaknya terang dan jelas. Huruf izhar yaitu:
ء ح خ ع غ ﻫ
Contoh nun mati bertemu dengan huruf izhar dalam dua kalimat (terpisah) :
مِنْ لَدُنْ حَكِيْمٌ مِنْ خَوْفٍ اِنْ عَلَيْكَ
In'alaika min Khoufin Min ladun hakimun

Contoh nun mati bertemu dengan huruf izhar dalam satu kalimat :
يَنْغِضُوْنَ يَنْ هَى يَنْأَىَ
Yan a yanhaa yanghidluuna
Contoh tanwin mmendahului huruf Izhaar :
عَزِيْزٌحَكِيْمٌ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ جُرُفٍ هَارٍ
Jurufin haarin wasi'un 'aliim 'aziizun hakiim

2. Idgham
Idgham dalam ilmu tajwid artinya memasukan (meleburkan) nun mati atau tanwin pada huruf-huruf idgham yang mengiringinya hingga yang terdengar bukan lagi bunyi "n" melainkan bunyi huruf sesudahnya.
Huruf-huruf Idgham ialah :
ي ر م ل و ن
Idgham terbagi menjadi dua bagian, yaitu :
• Idgham Bigunah
Idgham Bigunah ialah memasukan dan meleburkan nunmati atau tanwin pada huruf idgham bigunnah dengan didengungkan selama 2 sampai 3 harakat.
Huruf Idgham Bigunah adalah :
ي ن م و
Contoh nun mati mendahului huruf idgham bigunnah :
مِنْ مَاء مِنْ وَالٍ
Min-walin Min maa in



Apabila nun mati mendahului huruf "" ي ن م و dalam satu kalimat maka tiaklah berlaku hokum diatas, yakni nun mati tidak boleh dileburkan tetapi harus dibunyikan halus, contoh :
يُنْمِى صِنْوَانٌ بُنْيَانٌ دُنْيَا
• Idgham bilaaghunnah
Idgham bilagunnah ialah memasukan dan meleburkan nun mati dan tanwin apabila bertemu huruf Idgham bilagunah yaitu ل dan ر dengan tidak didengungkan.
Contoh nun mati mendahului "ل" atau "ر"
مِنْ لَدُنْحُ مِنْ رَبِهِ
Mirrobihi Milladunhu
Contoh tanwin mendahului "ل" atau "ر"
هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ
Hudaallilmuttaqin
Jadi Bunyi nun mati dan tanwin pada akhirkalimat itu dileburkan kedalam huruf-huruf "ل" atau "ر" sehingga yang berbunyi dua huruf/
3. Ikhfa
Ikhfa dalam ilmu tajwid arinya menyembunyikan atau tidak menjelaskan bunyi nun mati dan tanwin apabila mendahului huruf-huruf ikhfa. Nun mati dan tanwin tidak boleh di bunyikan tegas dan jelas seperti keadaan pada huruf-huruf izhaar, tetapi tidak boleh pula dileburkan ke dalm huuf-huruf idgham, tetapi hendaknya seperti pada keadaan dalam huruf-huruf idgham, tetapi hendaknya sedang antara izhar dan idgham sertai dengung selama 2 sampai 3 harakat.
Dengung lebih ditekankan apabila bertemu dengan beberpa huruf ikhfa seperti huruf ك dan ق bunyi un mati disamarkan apabila bertemu dengan ط د ت dan jika bertemu huruf ikhfa yang lain kesamaran bunyi nun mati (n) dan dengung diberi penekanan sama.


Huruf Ikhfa adalah :
ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك
Contoh nun mati medahului huruf-huruf Ikhfa
اَنْ تَتَبِعَ مِنْ جُوْعٍ عِنْدَهُ ولاَ مَنْجَاَ
Walaa mangjaa ing*da Mi*nju' An*tatabi'


Contoh tanwin mendahului huruf Ikhfa
كِتَابٌ كَرِيْمٌ مِنْ خَيْرٌ فَقِيْرٌ
Minkhoirin Faqiirun Kitabun Karimun
4. Iqlab
Iqlab artinya memalingkan bunyi nun mati atau tanwin menjadi bunyi 'م' serta diharuskan dengan dengung, yaitu apabila berhadapan dengan huruf iqlab "ب" bersamaan dengan nun mati atau tanwin berhadapan dengan "ب" dalam satu kalimat atau dalam dua kalimat yang terpisah dibaca 2 sampai 3 harakat
Contoh nunu mati berhadapan dengan "" dalam satu kalimat :
اَنْبَاكَ يُنْبِتُ
Yumbitu Ambaka

Nun mati dalam contoh diatas di palingklan menjadi "" jadi dalam dua contoh diatas اَنْبَاكَ di baca اَمْبَاكَ
يُنْبِتُ dibaca يُمْبِتُ
D. HUKUM AL (ال)
Hukum "Al" ada dua macam, yaitu :
1. Al-Qomariyah (ال قمرية)
Yaitu huruf "Al" yang terdapat pada huruf Qomariyah atau setelah "Al" bukan Siddah (Tasydid). Huruf "Al" tersebut di baca jelas berbunyi (L). Huruf Qomariyah ada 14, yaitu :







Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment